9 November 2010

Nokia Ambil Alih Pengembangan Platform Symbian

Nokia akhirnya memutuskan untuk mengambil kendali penuh atas pengembangan platform Symbian. Dengan pernyataan yang dirilis perusahaan asal Finlandia itu, Senin (8/11/2010) untuk menekankan komitmen Nokia terhadap masa depan basis sistem operasi smartphone tersebut.


Nokia akan mengurus pengembangan platform Symbian mulai bulan April 2011 dan seterusnya. Sementara Symbian Foundatl Organisasi independen lintas industri di masa depan akan mengurus perizinan lisensi penggunaan platform tersebut.
Tadinya, Symbian diarahkan menjadi platform terbuka dan diberikan kepada komunitas open source untuk mengembangkannya. Namun, sayangnya dalam perkembangan terakhir, tidak banyak vendor yang tertarik menggunakan Symbian lagi.

Tahun ini Samsung Electronics dan Sony Ericsson malahan telah meninggalkan penggunaan perangkat lunak Symbian. Samsung malahan mengembangkan platform sendiri yang berbasis open source bernama Bada. Sementara Sony Ericsson berfokus pada smartphone berbasis Androit bikinan Google meskipun tetap tak meninggalkan skema multiplatform.
Meskipun demikian Symbian masih memimpin pasar ponsel dunia lho , , , . Menurut perusahaan riset Canalys, Symbian menguarai 37 persen , Androit 17 persen dan kemudian Apple.


Dikutip dari : www.kompas.com (dengan sedikit perubahan)

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak, aneh atau tidak berhasil Anda terapkan. Silahkan beritahu kami di cbox. Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Terima Kasih.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda lewat tombol-tombol di bawah ini...